IBX58914E5E678C7

Ceria Bersama Pesona Belanja Budaya


Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo baru saja meluncurkan Solo Great Sale dan Calendar Event Solo 2017, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin malam (16/1/2017). 

Mengusung tema “Ceria Bersama Pesona Belanja Budaya, gelaran yang menjadi surga bagi penghobi wisata belanja ini akan berlansung selama sebulan penuh, 1-28 Februari 2017.

Subagyo, Kepala Dinas Perdangan Kota Surakarta kepada Liputan6.com mengatakan, Solo Great Sale tahun ini mengusung konsep pasar tradisional.

Ada sekitar 1.500 tenan warga Solo yang diikutsertakan.

“Itu kita benahi kita tata kemudian kita tampilkan dari sisi kualitasnya, kemudian pelayannya, dan dari sisi harganya, yang terpenting dari sisi kepastiannya, jadi kepercayaan kepada pasar tradisional akan kita tumbuhkan lagi. 

Di situ ada proses tawar-menawar tapi kualitas dan harga bisa diperoleh dengan sebanding,” ungkap Subagyo.

Sementara itu, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menjelaskan, Solo Great Sale merupakan upaya untuk menggerakan perekonomian masyarakat dan dunia usuha, termasuk akomodasi, transportasi, agen travel, hingga senra-sentra industri.

“Ini sekaligus komitmen Pemkot Surakarta dan KADIN Kota Surakarta dalam  memperkuat branding dan mendorong iklim bisnis dan investasi yang kondusif bagi pelaku usaha di Surakarta.  

Apalagi bila melihat siklus pergerakan ekonomi dan bisnis yang terjadi di bulan Februari, hampir seluruh sektor usaha mengalami perlambatan (low season) untuk ini  diperlukan stimulasi kegiatan promosi efektif yang  mampu lebih menggeliatkan ekonomi,” kata  FX Hadi Rudyatmo.

Selama digelar sebulan penuh, Solo Great Sale 2017 diproyeksikan menghasilkan transaksi sebesar Rp 200 miliar, atau naik dari capaian tahun lalu yang hanya Rp 125 miliar. 

Kunjungan wisatawan selama acara berlangsung ditargetkan sebanyak 250 ribu orang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, shopping dan kuliner adalah 45 persen dan 60 persen portofolio pariwisata. 

“Pariwisata itu 60 persen culture, 35 persen nature, 5 persen manmade. 

Dari 60 persen yang culture itu, 45 persen-nya diborong oleh Shopping and Culinary. 

Karena itu Solo Great Sale 2017 ini menjadi sangat strategis,” kata Menteri Arief.

Menteri Arief Yahya juga mengapresiasi penyelenggaraan Solo Great Sale 2017 ini yang diformat untuk upaya mempromosikan dan menarik kunjungan wisatawan ke Kota Solo. 

Mengingat Indonesia menargetkan kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 265 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Share on Google Plus

About Dwi Rian

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar