IBX58914E5E678C7

Pilihlah Jenis Permainan Untuk Anak Sesuai Usianya

Pilihlah Jenis Permainan Untuk Anak Sesuai Usianya

Saat mulai mengandung biasanya orang tua sudah memiliki ancang-ancang apa saja yang akan dibeli untuk si jabang bayi, mulai dari baju & sepatu bayi , hingga mainannya kelak.

Namun memilih mainan untuk anak rupanya tidak sembarang pilih, karena setiap usia memiliki perkembangan yang berbeda, contohnya, untuk anak usia 1 tahun bisa diberi mainan berupa gelas plastik, bagi mereka menyusun gelas plastik hal yang mengasyikkan, kemudian juga bisa diberi mainan puzzle geometris seperti segitga, lingkaran, atau segiempat yang dimasukkan kedalam lubang yang sesuai.

Sebenarnya seberapa penting memilih mainan anak yang tepat sesuai usianya ? jawabannya sangat penting, karena ini nantinya akan berhubungan dengan perkembangan kecerdasan si anak. Namun sayangnya tidak banyak orang tua yang memperhatikan hal ini.

Pada saat anak berusia 0-3 bulan sebaiknya anak diberi mainan yang berwarna cerah dan bisa merangsang aktivitas motorik, karena pada usia ini matanya masih belum melihat terlalu jelas, mainan atau benda yang berwarna cerah akan membantu penglihatan matanya agar melihat dengan jelas.

Memasuki usia 6 bulan anak bisa diberi mainan yang memiliki tekstur atau yang memiliki tombol untuk merangsang kemampuan motoriknya, pada usia ini anak juga bisa diberi mainan anak yang bisa digigit untuk merangsang pertumbuhan gigi,

Pada saat mandi anda juga bisa memberikan mainan yang bisa mengapung untuk menemani mandi, karena pada usia ini sudah mulai suka mandi.

Pada saat usia anak beranjak 1 tahun,anda bisa memberikan mainan seperti menara susun, selain itu bisa juga diberi mainan outdoorseperti kolam renang mini atau kuda tunggang.

Puzzle bisa diberikan saat usia anak 2 tahun, contohnya seperti lego, namun untuk usia ini sebaiknya puzzle yang diberikan tidak terlalu banyak, kemudian juga bisa diberi mainan yang berbentuk boneka, mobil-mobilan, dan sejenisnya. Mainan seperti ini bisa memancing imajinansi, serta koordinasi mata denngan tangan.

Usia 3 tahun anda bisa memberikan puzzle lebih banyak kepingannya, selain itu, pensil warna juga sudah bisa diberikan pada usia ini, karena pada usia 3 tahun anak sudah semakin rajin coret-mencoret.

Dan satu hal lagi, hendaknya orang tua mendampingi ketika bermain dan hindari mencemooh karena akan berdampak pada perkembangan mentalnya .



Share on Google Plus

About Dwi Rian

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar